PENGALAMAN PENGGUNA MINERVA
Dua tahun yang lalu sempet ane peke minerve, kebetulan pengen banget waktu muda punya CBR tapi gak kesampean doku gak ade .....he..he..., ternyata ada alternatif yang tongkrongannya sama persis dengan honda CBR yaitu Minerva,
Jadi semangat pengen punya, wussss tanpa banyak pikir lagi , setttt dapet dech, warna item masih mulus minerva 2009.
Pengalaman asli pribadi saat bertatap muka secara langsung :
1. Terkesima
Secara.... dari dulu pengen banget motor CBR yg tongkrongan pas buat body ane yg kecil
2. Pas mau nyoba, pencet stater xixixixixiixixixi, gak jalan2 kata yg punya biasa gan penyakit
minerva di stater rada susah.
3. Di engkol dech jebret,, rada keras ... satu dua kali baru nyala... waduh.. rada down ane...
4. Pas di geber.... 40km/jam.... oke aje .... 70km/jam terdengar bunyi bunyian.....80 - 100 km/jam
gak kebayang deh njelasinnya.
5. Balik ketempat awal, pikir2 lagi mau gak jadi udah terlanjur cinta, diturunin pula harganya.
plus kata agannya siapa yang bisa oprek dalemnya minerva bisa dapet dua kelebihan tampang
keren dan performa yahud, katanya sih krek as udah ganti pake mega pro.jadi makanya bisa
ngacir ampe 100km/jam, cuma masalah gak cuma disitu oper giginya juga rada susah, balik lagi
kata abangnya biasa penyakit minerva.
6. Sampe rumah perasaan jadi gak karuan, ada seneng, bingung, nyesel, gak nyesel, dll @#$%^&*
Singkat cerita keesokan harinya :
Ane coba browsing tanya guru segala umat .... mbah google.......
ane : mbah giman nich biar perform si mimin jadi oke?
mbah google : beli yang asli CBR nya dong langsung oke jadinya.
ane : bajet minim nich mbah, please dech mbah kayak gak tau aja!!!
mbah google : Oke mbah bantu. tapi kita petakan terlebih dahulu
1. Stater gak kuat ngangkat.
- Berarti kelistrikannya coba cek:
1. Saklar dan kabelnya dulu
2. Aki bisa karena soak atau tidak terisi dengan maksimal
3. Aki oke coba cek pengisian dari spul AC kemudian DC
4. jika AC dah gak ada brarti spul jika ada trus DC gak ada brarti dioda kiproknya
5. jika semua normal cek dinamo stater areng abis atau gak jalan sama sekali
6. tips n trik untuk stater : beli ELCO 10rb uf x2 trus pasang paralel di aki plus n minusnya
2. Mesin berisik.
- Krek as minerva sebelah tebel sebelah kecil jadi lama kelamaan pasti brisik nantinya
1. Ganti Krek as pake punya mega pro tapi di rubah dikit ujung ujungnya samain aja
sama punya minerva yaitu dibikin tirus biar bisa masuk ke magnit minerva, trus stang
seher nya masih pake mimin punya, tapi kalau mau pake stang seher mega pro mesti
bubut piston kurangi 2mm atau tambah packing aja setebel 2mm
Gambar krek as mega pro yang sudah disesuaikan dengan minerva
2. Perkokoh dudukan dudukan body nya biar saat di geber gak getar n bunyi
3. pada kecepatan tinggi mimin biasanya getar tapi bisa hilang kalau dah diganti krek asnya
4. Oper gigi susah : ganti aja kopling set punya tiger atau minerva 200r dijamin josss
3. Modifikasi karburator
4. Modifikasi Knalpot
5. Modif saklar atau hendel pake punya vixion
diagram handle kiri vixion
kanan handle untuk mimin
kiri handle untuk mimin
6. Jangan yang aneh aneh punya motor biasa aja asal gak boros nyaman dan ngacir...
Berikut data subtitusi part Minerva jika pake part merek lain:
Tapi ini hasil copas ya cuma ane lupa ngambil copas dimana?hampir semua sama sih dari subtitut rekomen rekomen yang lain, ane cuma ngerangkumin. bagi2 ilmu ya gan
RANTAI
Rantai ukuran 128/428 atau punya satria 2tak
GEAR
Gear Depan(GL Pro,mega pro)+gear Belakang(RX King,mx), standar blkg 38&dpn 15, perbandingan 39/14
KARET RANTAI
Satria 120, MX atau KZ R
RANTAI KETENG
Standr skitar 190rb Jumlah mata rantai 98 mata. Honda Supra Fit sktr 30 ribuan
KANVAS REM
Supra x 125 (35rb)/punya minerva yg bagus rp40rb&biasa 25rb
KAMPAS KOPLING
Tiger
PER KOPLING
Tiger,Ninja (lebih recomend Ninja)
PLAT KOPLING
GL Pro
KIPROK= kiprok tiger merk fukuyama
KABEL KOPLING
Tiger/Mega-Pro/GL-Pro
KABEL GAS
Gl Pro/Megapro
KOPLING SET
Tiger/Mega-Pro
RUMAH KOPLING
Tiger/Mega-Pro
KLEP
Tiger (standar ukuran klep in/ex 31,5mm/27mm)
NOKEN AS
Tiger (durasi noken as standar sekitaran 230-240)
FILTER KARBU
Koso, TDR
KARBURATOR
Ukuran 26 sama dgn RX-King/variasi PE28 dll
SPUYER/ PJ/MJ
Karbu GL series
BOX FILTER KARBU
Minerva skitar 150rb / variasi filter karbu koso dll
KOIL
Blue Thunder v3.0,XP,Yoshimura,NOLOGY
STANG BALANCER
Satria FU
GAS SPONTAN
Bungbon dll (switch kiri ambil dari vixion, karena semua dikiri switch on/off/lampu rubah soket,kabel & sambungan
HANDLE KOPLING
Posh buat MX, thunder
SWITCH KIRI
Minerva 50rb, Mega Pro (sekitar 80rb)
SHOCK DEPAN
Upside down variasi moge/ limbah moge, teleskopik swift/ cbr beserta ganti stang, segitiga atas & bawah
MONOSHOCK
YSS, NSR / Satria FU
KABEL SPEEDOMETER
Gl pro,Megapro,Tiger
CDI
CheetahPower dll
BUSI
Busi racing NGK dll
AKI
Aki kering Mega PRO / aki minerva sktar 240rb yuasan 7/8 ampere
LAMPU DEPAN
Osram 18 wattx2 / 25 watt,Autovision Xenon HID
HEADLAMP DEPAN
Mirip happy nexium 150r
STOPLAMP BELAKANG
Minerva 150/cbr150 lampu sein menyatu
LAMPU SEIN
Ninja rr/vixion/tiger/variasi
SPION
Pasang di fairing pake ninja KRR (100rb),CBR(kw 90rb),happy swift,ninja 250 (ori 600rb)
CAKRAM DISK BELAKANG
Cakram depan Honda Blade / Absolute Revo sama persis diameter dan 4 lubang bautnya
SWING ARM
Minerva, happy swift, cbr / variasi swing arm banana HKS sekitar 700-800rb
FOOTSTEP DEPAN
Minerva, happy swift, cbr skitar 125-150pcs / Underbone Yoshimura skitar 350-500rb
FOOTSTEP BELAKANG
Minerva, happy swift, cbr skitar 125-150/pcs
STANDAR PADDOCK
CBR skitar 150-300rb[/left]
daftar sparepart yang lainnya :
GEAR + RANTAI = gear Depan(GL Pro,mega pro)+gear Belakang(RX King,mx)+rantai(128/428 atau punya satria 2tak)
KARET RANTAI = Satria 120, MX atau KZ R
RANTAI KETENG = supra fit (98 mata 30rb ori)
KANVAS REM = supra x 125 bentuk & sistem nya sama (35rb Ori) / punya minerva yg bagus rp40rb&biasa 25rb
KAMPAS KOPLING = GL-Pro Neo Tech/tiger lebih tebel/SUPRA fit/125 (harga 80rb)
PER KOPLING = gl-pro(sekitar 60rb dapet 5 buah)/Tiger/ninja rr
PLAT KOPLING = GL-Pro
KABEL KOPLING = Megapro/Tiger/GL-Pro Neo Tech
KOPLING SET = Megapro/GL Pro
RUMAH KOPLING = MegaPro, CB
PISTON + PIN PISTON = gl-pro (diameter seher 61mm & garis tengah pin 15mm) harga 373rb+82rb
FILTER = Koso,TDR
KARBURATOR = sama dgn gl-pro / variasi PE28 dll
BOX FILTER KARBU = minerva skitar 150rb
INTAKE = satria FU
KOIL = Blue Thunder v3.0,XP,Yoshimura,NOLOGY
STANG BALANCER = Satria FU
GAS SPONTAN = bungbon dll
HANDLE KOPLING = Posh buat MX, thunder
SWITCH KIRI = Mega Pro (sktar 80rb)
SHOCK DEPAN = upside down variasi moge/limbah moge, teleskopik swift/cbr beserta ganti stang,segitiga atas&bawah
MONOSHOCK = pas pake NSR / Satria FU
SPEEDOMETER = minerva baru digital-+380rb/cbr/happy swift/variasi digital mio takegawa, KOSO
KABEL SPEEDOMETER = Megapro,Tiger,GLPRO
CDI = VARRO (supra lama 90rb),shogun kebo / CDI BRT hyperband punya shogun 110 rp400rb, CheetahPower CPEX NEWBIE,XP 301MC Stage02 Andrion Series ver12
BUSI = busi racing NGK dll
AKI = 12V / 7 Ah
AKI = aki kering Mega PRO / aki minerva sktar 240rb yuasan 7/8 ampere
JOK DEPAN = cbr,happy swift
JOK BELAKANG = minerva,happy swift, cbr skitar 175-250rb / variasi Single Seater
LAMPU DEPAN = Osram 18 wattx2 / 25 watt,Autovision Xenon HID
HEADLAMP DEPAN = asli minerva sktar 380rb, cbr’kw’ 250rban bsa dpsang ad renggang sdkit krna ukran cbr sdkt lbih kcil.
STOPLAMP BELAKANG = asli minerva, cbr’kw’lbih murah
SPION = ninja KRR (100rb),CBR (kw 90rb),happy swift,ninja 250 (ori 600rb)
wINDSHIELD KACA DEPAN = asli minerva 90rb, variasi jenong 100rban
SPAKBOR DEPAN = asli minerva 90rb, cbr / variasi tapi bikin braket lagi
SPAKBOR KOLONG = minerva, happy wift, cbr skitar 185-250rb
KNALPOT = asli dibobok 150rban / racing aftermarket R9,NOB1 dll / customs
VELG = velg RG-V
CAKRAM DISK BELAKANG = Cakram depan Honda Blade / Absolute Revo sama persis diameter dan 4 lubang bautnya
SWING ARM = minerva, happy swift, cbr / variasi swing arm banana HKS sktar 700-800rb
FOOTSTEP DEPAN = minerva, happy swift, cbr skitar 125-150pcs / Underbone Yoshimura skitar 350-500rb
FOOTSTEP BELAKANG = minerva, happy swift, cbr skitar 125-150/pcs
Standard Paddock = CBR, Minerva skitar 150-300rb
BAN = CORSA,DURO,SWALLOW,BATTLAX,MIZZLE,DUNLOP dll.
depan 90/70/17 (supaya tdk ganti spakbor)
blakang max 130/80/17
STRIPING/STICKER = minerva, cbr skitar 150-200rb / customs cutting sticker
HEMAT BBM & PERFORMA = XADO, 9Power, HCS, XCS, K-FUEL SAVER, FEMAX COMBO dll
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008117982
Adapun Impresi atau Mamfaat yang Saya Rasakan setelah Memasang Kapasitor tipe Elco 10.000mF 50 V ini Ke Pengawal Saya si NaRjo antara lain:
1 – Suara Klakson jelas lebih Nyaringgg
2 – Arus di dalam Aki lebih tahan lama
3 – Lampu utama “sedikit” lebih tarangs
4 – Lampu Sein juga lebih terang
5 – Peningkatan Performa “memang” tidak begitu terasa
tiap 1A aki = 2200 mf
jadi jika 5A = 11000 mf
Dengan mengganti sistem pengapian Minerva dengan punya
Honda GLMAX maka masalah mogokan dan cepat panas terselesaikan
tarikannya jadi lebih mantap dan larinya lebih kencang.
ditambah dengan setelan yang pas
Enduro 4T Racing 10W-40
Shell Advance AX7 10W-40
BUSI Denso Iridium
Aki kering untuk Minerva kapasitas 12V 6 ah,
merk G. force garansi 2 bulan harga Rp.300.000
# mengapa kick stater sangat berat dan susah nyala motornya dan
kadang terasa ada tekanan yg kembali waktu kick stater diinjak?
# kenapa aki motor saya sering tekor?
Kemungkinan lampu depan bukan 18 watt dan lampu kota belakang
bukan 3 w/10 w (susah mencari watt spt ini,
yg beredar di pasaran 6 w /21 W),
atau spul/stator comp bagian pengisian sdh lemah atau
kiprox/rectifier pengisian dibawah 12,8 volt, mungkin aki sdh lemah.
KIPROK
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008117982/serba-serbi-minerva-r-150---part-3/221
1. Merah menuju terminal positif accu, arus DC
2. Kuning dari spull penerangan, arus AC
3. Putih dari spull pengisian, arus AC
4. Hijau menuju massa atau negatif accu
Jadi semangat pengen punya, wussss tanpa banyak pikir lagi , setttt dapet dech, warna item masih mulus minerva 2009.
Penampakannya :
Pengalaman asli pribadi saat bertatap muka secara langsung :
1. Terkesima
Secara.... dari dulu pengen banget motor CBR yg tongkrongan pas buat body ane yg kecil
2. Pas mau nyoba, pencet stater xixixixixiixixixi, gak jalan2 kata yg punya biasa gan penyakit
minerva di stater rada susah.
3. Di engkol dech jebret,, rada keras ... satu dua kali baru nyala... waduh.. rada down ane...
4. Pas di geber.... 40km/jam.... oke aje .... 70km/jam terdengar bunyi bunyian.....80 - 100 km/jam
gak kebayang deh njelasinnya.
5. Balik ketempat awal, pikir2 lagi mau gak jadi udah terlanjur cinta, diturunin pula harganya.
plus kata agannya siapa yang bisa oprek dalemnya minerva bisa dapet dua kelebihan tampang
keren dan performa yahud, katanya sih krek as udah ganti pake mega pro.jadi makanya bisa
ngacir ampe 100km/jam, cuma masalah gak cuma disitu oper giginya juga rada susah, balik lagi
kata abangnya biasa penyakit minerva.
6. Sampe rumah perasaan jadi gak karuan, ada seneng, bingung, nyesel, gak nyesel, dll @#$%^&*
Singkat cerita keesokan harinya :
Ane coba browsing tanya guru segala umat .... mbah google.......
ane : mbah giman nich biar perform si mimin jadi oke?
mbah google : beli yang asli CBR nya dong langsung oke jadinya.
ane : bajet minim nich mbah, please dech mbah kayak gak tau aja!!!
mbah google : Oke mbah bantu. tapi kita petakan terlebih dahulu
1. Stater gak kuat ngangkat.
- Berarti kelistrikannya coba cek:
1. Saklar dan kabelnya dulu
2. Aki bisa karena soak atau tidak terisi dengan maksimal
3. Aki oke coba cek pengisian dari spul AC kemudian DC
4. jika AC dah gak ada brarti spul jika ada trus DC gak ada brarti dioda kiproknya
5. jika semua normal cek dinamo stater areng abis atau gak jalan sama sekali
6. tips n trik untuk stater : beli ELCO 10rb uf x2 trus pasang paralel di aki plus n minusnya
2. Mesin berisik.
- Krek as minerva sebelah tebel sebelah kecil jadi lama kelamaan pasti brisik nantinya
1. Ganti Krek as pake punya mega pro tapi di rubah dikit ujung ujungnya samain aja
sama punya minerva yaitu dibikin tirus biar bisa masuk ke magnit minerva, trus stang
seher nya masih pake mimin punya, tapi kalau mau pake stang seher mega pro mesti
bubut piston kurangi 2mm atau tambah packing aja setebel 2mm
Gambar krek as mega pro yang sudah disesuaikan dengan minerva
2. Perkokoh dudukan dudukan body nya biar saat di geber gak getar n bunyi
3. pada kecepatan tinggi mimin biasanya getar tapi bisa hilang kalau dah diganti krek asnya
4. Oper gigi susah : ganti aja kopling set punya tiger atau minerva 200r dijamin josss
3. Modifikasi karburator
4. Modifikasi Knalpot
5. Modif saklar atau hendel pake punya vixion
diagram handle kiri vixion
kanan handle untuk mimin
kiri handle untuk mimin
6. Jangan yang aneh aneh punya motor biasa aja asal gak boros nyaman dan ngacir...
Berikut data subtitusi part Minerva jika pake part merek lain:
Tapi ini hasil copas ya cuma ane lupa ngambil copas dimana?hampir semua sama sih dari subtitut rekomen rekomen yang lain, ane cuma ngerangkumin. bagi2 ilmu ya gan
RANTAI
Rantai ukuran 128/428 atau punya satria 2tak
GEAR
Gear Depan(GL Pro,mega pro)+gear Belakang(RX King,mx), standar blkg 38&dpn 15, perbandingan 39/14
KARET RANTAI
Satria 120, MX atau KZ R
RANTAI KETENG
Standr skitar 190rb Jumlah mata rantai 98 mata. Honda Supra Fit sktr 30 ribuan
KANVAS REM
Supra x 125 (35rb)/punya minerva yg bagus rp40rb&biasa 25rb
KAMPAS KOPLING
Tiger
PER KOPLING
Tiger,Ninja (lebih recomend Ninja)
PLAT KOPLING
GL Pro
KIPROK= kiprok tiger merk fukuyama
KABEL KOPLING
Tiger/Mega-Pro/GL-Pro
KABEL GAS
Gl Pro/Megapro
KOPLING SET
Tiger/Mega-Pro
RUMAH KOPLING
Tiger/Mega-Pro
KLEP
Tiger (standar ukuran klep in/ex 31,5mm/27mm)
NOKEN AS
Tiger (durasi noken as standar sekitaran 230-240)
FILTER KARBU
Koso, TDR
KARBURATOR
Ukuran 26 sama dgn RX-King/variasi PE28 dll
SPUYER/ PJ/MJ
Karbu GL series
BOX FILTER KARBU
Minerva skitar 150rb / variasi filter karbu koso dll
KOIL
Blue Thunder v3.0,XP,Yoshimura,NOLOGY
STANG BALANCER
Satria FU
GAS SPONTAN
Bungbon dll (switch kiri ambil dari vixion, karena semua dikiri switch on/off/lampu rubah soket,kabel & sambungan
HANDLE KOPLING
Posh buat MX, thunder
SWITCH KIRI
Minerva 50rb, Mega Pro (sekitar 80rb)
SHOCK DEPAN
Upside down variasi moge/ limbah moge, teleskopik swift/ cbr beserta ganti stang, segitiga atas & bawah
MONOSHOCK
YSS, NSR / Satria FU
KABEL SPEEDOMETER
Gl pro,Megapro,Tiger
CDI
CheetahPower dll
BUSI
Busi racing NGK dll
AKI
Aki kering Mega PRO / aki minerva sktar 240rb yuasan 7/8 ampere
LAMPU DEPAN
Osram 18 wattx2 / 25 watt,Autovision Xenon HID
HEADLAMP DEPAN
Mirip happy nexium 150r
STOPLAMP BELAKANG
Minerva 150/cbr150 lampu sein menyatu
LAMPU SEIN
Ninja rr/vixion/tiger/variasi
SPION
Pasang di fairing pake ninja KRR (100rb),CBR(kw 90rb),happy swift,ninja 250 (ori 600rb)
CAKRAM DISK BELAKANG
Cakram depan Honda Blade / Absolute Revo sama persis diameter dan 4 lubang bautnya
SWING ARM
Minerva, happy swift, cbr / variasi swing arm banana HKS sekitar 700-800rb
FOOTSTEP DEPAN
Minerva, happy swift, cbr skitar 125-150pcs / Underbone Yoshimura skitar 350-500rb
FOOTSTEP BELAKANG
Minerva, happy swift, cbr skitar 125-150/pcs
STANDAR PADDOCK
CBR skitar 150-300rb[/left]
daftar sparepart yang lainnya :
GEAR + RANTAI = gear Depan(GL Pro,mega pro)+gear Belakang(RX King,mx)+rantai(128/428 atau punya satria 2tak)
KARET RANTAI = Satria 120, MX atau KZ R
RANTAI KETENG = supra fit (98 mata 30rb ori)
KANVAS REM = supra x 125 bentuk & sistem nya sama (35rb Ori) / punya minerva yg bagus rp40rb&biasa 25rb
KAMPAS KOPLING = GL-Pro Neo Tech/tiger lebih tebel/SUPRA fit/125 (harga 80rb)
PER KOPLING = gl-pro(sekitar 60rb dapet 5 buah)/Tiger/ninja rr
PLAT KOPLING = GL-Pro
KABEL KOPLING = Megapro/Tiger/GL-Pro Neo Tech
KOPLING SET = Megapro/GL Pro
RUMAH KOPLING = MegaPro, CB
PISTON + PIN PISTON = gl-pro (diameter seher 61mm & garis tengah pin 15mm) harga 373rb+82rb
FILTER = Koso,TDR
KARBURATOR = sama dgn gl-pro / variasi PE28 dll
BOX FILTER KARBU = minerva skitar 150rb
INTAKE = satria FU
KOIL = Blue Thunder v3.0,XP,Yoshimura,NOLOGY
STANG BALANCER = Satria FU
GAS SPONTAN = bungbon dll
HANDLE KOPLING = Posh buat MX, thunder
SWITCH KIRI = Mega Pro (sktar 80rb)
SHOCK DEPAN = upside down variasi moge/limbah moge, teleskopik swift/cbr beserta ganti stang,segitiga atas&bawah
MONOSHOCK = pas pake NSR / Satria FU
SPEEDOMETER = minerva baru digital-+380rb/cbr/happy swift/variasi digital mio takegawa, KOSO
KABEL SPEEDOMETER = Megapro,Tiger,GLPRO
CDI = VARRO (supra lama 90rb),shogun kebo / CDI BRT hyperband punya shogun 110 rp400rb, CheetahPower CPEX NEWBIE,XP 301MC Stage02 Andrion Series ver12
BUSI = busi racing NGK dll
AKI = 12V / 7 Ah
AKI = aki kering Mega PRO / aki minerva sktar 240rb yuasan 7/8 ampere
JOK DEPAN = cbr,happy swift
JOK BELAKANG = minerva,happy swift, cbr skitar 175-250rb / variasi Single Seater
LAMPU DEPAN = Osram 18 wattx2 / 25 watt,Autovision Xenon HID
HEADLAMP DEPAN = asli minerva sktar 380rb, cbr’kw’ 250rban bsa dpsang ad renggang sdkit krna ukran cbr sdkt lbih kcil.
STOPLAMP BELAKANG = asli minerva, cbr’kw’lbih murah
SPION = ninja KRR (100rb),CBR (kw 90rb),happy swift,ninja 250 (ori 600rb)
wINDSHIELD KACA DEPAN = asli minerva 90rb, variasi jenong 100rban
SPAKBOR DEPAN = asli minerva 90rb, cbr / variasi tapi bikin braket lagi
SPAKBOR KOLONG = minerva, happy wift, cbr skitar 185-250rb
KNALPOT = asli dibobok 150rban / racing aftermarket R9,NOB1 dll / customs
VELG = velg RG-V
CAKRAM DISK BELAKANG = Cakram depan Honda Blade / Absolute Revo sama persis diameter dan 4 lubang bautnya
SWING ARM = minerva, happy swift, cbr / variasi swing arm banana HKS sktar 700-800rb
FOOTSTEP DEPAN = minerva, happy swift, cbr skitar 125-150pcs / Underbone Yoshimura skitar 350-500rb
FOOTSTEP BELAKANG = minerva, happy swift, cbr skitar 125-150/pcs
Standard Paddock = CBR, Minerva skitar 150-300rb
BAN = CORSA,DURO,SWALLOW,BATTLAX,MIZZLE,DUNLOP dll.
depan 90/70/17 (supaya tdk ganti spakbor)
blakang max 130/80/17
STRIPING/STICKER = minerva, cbr skitar 150-200rb / customs cutting sticker
HEMAT BBM & PERFORMA = XADO, 9Power, HCS, XCS, K-FUEL SAVER, FEMAX COMBO dll
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008117982
Adapun Impresi atau Mamfaat yang Saya Rasakan setelah Memasang Kapasitor tipe Elco 10.000mF 50 V ini Ke Pengawal Saya si NaRjo antara lain:
1 – Suara Klakson jelas lebih Nyaringgg
2 – Arus di dalam Aki lebih tahan lama
3 – Lampu utama “sedikit” lebih tarangs
4 – Lampu Sein juga lebih terang
5 – Peningkatan Performa “memang” tidak begitu terasa
tiap 1A aki = 2200 mf
jadi jika 5A = 11000 mf
Dengan mengganti sistem pengapian Minerva dengan punya
Honda GLMAX maka masalah mogokan dan cepat panas terselesaikan
tarikannya jadi lebih mantap dan larinya lebih kencang.
ditambah dengan setelan yang pas
Enduro 4T Racing 10W-40
Shell Advance AX7 10W-40
BUSI Denso Iridium
Aki kering untuk Minerva kapasitas 12V 6 ah,
merk G. force garansi 2 bulan harga Rp.300.000
# mengapa kick stater sangat berat dan susah nyala motornya dan
kadang terasa ada tekanan yg kembali waktu kick stater diinjak?
# kenapa aki motor saya sering tekor?
Kemungkinan lampu depan bukan 18 watt dan lampu kota belakang
bukan 3 w/10 w (susah mencari watt spt ini,
yg beredar di pasaran 6 w /21 W),
atau spul/stator comp bagian pengisian sdh lemah atau
kiprox/rectifier pengisian dibawah 12,8 volt, mungkin aki sdh lemah.
KIPROK
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008117982/serba-serbi-minerva-r-150---part-3/221
1. Merah menuju terminal positif accu, arus DC
2. Kuning dari spull penerangan, arus AC
3. Putih dari spull pengisian, arus AC
4. Hijau menuju massa atau negatif accu