PENGALAMAN PENGGUNA MINERVA

Dua tahun yang lalu sempet ane peke minerve, kebetulan pengen banget waktu muda punya CBR tapi gak kesampean doku gak ade .....he..he..., ternyata ada alternatif yang tongkrongannya sama persis dengan honda CBR yaitu Minerva,

Jadi semangat pengen punya, wussss tanpa banyak pikir lagi , setttt dapet dech, warna item masih mulus minerva 2009.


Penampakannya :


Pengalaman asli pribadi saat bertatap muka secara langsung :

1. Terkesima
    Secara.... dari dulu pengen banget motor CBR yg tongkrongan pas buat body ane yg kecil

2. Pas mau nyoba, pencet stater xixixixixiixixixi, gak jalan2 kata yg punya biasa gan penyakit
    minerva di stater rada susah.

3. Di engkol dech jebret,, rada keras ... satu dua kali baru nyala... waduh.. rada down ane...

4. Pas di geber.... 40km/jam.... oke aje .... 70km/jam terdengar bunyi bunyian.....80 - 100 km/jam
    gak kebayang deh njelasinnya.

5. Balik ketempat awal, pikir2 lagi mau gak jadi udah terlanjur cinta, diturunin pula harganya.
    plus kata agannya siapa yang bisa oprek dalemnya minerva bisa dapet dua kelebihan tampang
    keren dan performa yahud, katanya sih krek as udah ganti pake mega pro.jadi makanya bisa
    ngacir ampe 100km/jam, cuma masalah gak cuma disitu oper giginya juga rada susah, balik lagi
    kata abangnya biasa  penyakit minerva.

6. Sampe rumah perasaan jadi gak karuan, ada seneng, bingung, nyesel, gak nyesel, dll @#$%^&*

Singkat cerita keesokan harinya :

Ane coba browsing tanya guru segala umat .... mbah google.......
    ane               : mbah giman nich biar perform si mimin jadi oke?
    mbah google : beli yang asli CBR nya dong langsung oke jadinya.
    ane               : bajet minim nich mbah, please dech mbah kayak gak tau aja!!!
    mbah google : Oke mbah bantu. tapi kita petakan terlebih dahulu

1. Stater gak kuat ngangkat.
   - Berarti kelistrikannya coba cek:
      1. Saklar dan kabelnya dulu
      2. Aki bisa karena soak atau tidak terisi dengan maksimal
      3. Aki oke coba cek pengisian dari spul AC kemudian DC
      4. jika AC dah gak ada brarti spul jika ada trus DC gak ada brarti dioda kiproknya
      5. jika semua normal cek dinamo stater areng abis atau gak jalan sama sekali
      6. tips n trik untuk stater : beli ELCO 10rb uf x2  trus pasang paralel di aki plus n minusnya
2. Mesin berisik.
    - Krek as minerva sebelah tebel sebelah kecil jadi lama kelamaan pasti brisik nantinya
      1. Ganti Krek as pake punya mega pro tapi di rubah dikit ujung ujungnya samain aja
          sama punya minerva yaitu dibikin tirus biar bisa masuk ke magnit minerva, trus stang
          seher nya masih pake mimin punya, tapi kalau mau pake stang seher mega pro mesti
          bubut piston kurangi 2mm atau tambah packing aja setebel 2mm
          Gambar krek as mega pro yang sudah disesuaikan dengan minerva
      2. Perkokoh dudukan dudukan body nya biar saat di geber gak getar n bunyi
      3. pada kecepatan tinggi mimin biasanya getar tapi bisa hilang kalau dah diganti krek asnya
      4. Oper gigi susah : ganti aja kopling set punya tiger atau minerva 200r dijamin josss
3. Modifikasi karburator
4. Modifikasi Knalpot
5. Modif saklar atau hendel pake punya vixion
    diagram handle kiri vixion
    kanan handle untuk mimin
    kiri handle untuk mimin
6. Jangan yang aneh aneh punya motor biasa aja asal gak boros nyaman dan ngacir...

Berikut data subtitusi part Minerva jika pake part  merek lain:
Tapi ini hasil copas ya cuma ane lupa ngambil copas dimana?hampir semua sama sih dari subtitut rekomen rekomen yang lain, ane cuma ngerangkumin. bagi2 ilmu ya gan

RANTAI
Rantai ukuran 128/428 atau punya satria 2tak

GEAR
Gear Depan(GL Pro,mega pro)+gear Belakang(RX King,mx), standar blkg 38&dpn 15, perbandingan 39/14

KARET RANTAI
Satria 120, MX atau KZ R

RANTAI KETENG
Standr skitar 190rb Jumlah mata rantai 98 mata. Honda Supra Fit sktr 30 ribuan

KANVAS REM
Supra x 125 (35rb)/punya minerva yg bagus rp40rb&biasa 25rb

KAMPAS KOPLING
Tiger

PER KOPLING
Tiger,Ninja (lebih recomend Ninja)

PLAT KOPLING
GL Pro

KIPROK= kiprok tiger merk fukuyama

KABEL KOPLING
Tiger/Mega-Pro/GL-Pro

KABEL GAS
Gl Pro/Megapro

KOPLING SET
Tiger/Mega-Pro

RUMAH KOPLING
Tiger/Mega-Pro

KLEP
Tiger (standar ukuran klep in/ex 31,5mm/27mm)

NOKEN AS
Tiger (durasi noken as standar sekitaran 230-240)

FILTER KARBU
Koso, TDR

KARBURATOR
Ukuran 26 sama dgn RX-King/variasi PE28 dll

SPUYER/ PJ/MJ
Karbu GL series

BOX FILTER KARBU
Minerva skitar 150rb / variasi filter karbu koso dll

KOIL
Blue Thunder v3.0,XP,Yoshimura,NOLOGY

STANG BALANCER
Satria FU

GAS SPONTAN
Bungbon dll (switch kiri ambil dari vixion, karena semua dikiri switch on/off/lampu rubah soket,kabel & sambungan

HANDLE KOPLING
Posh buat MX, thunder

SWITCH KIRI
Minerva 50rb, Mega Pro (sekitar 80rb)

SHOCK DEPAN
Upside down variasi moge/ limbah moge, teleskopik swift/ cbr beserta ganti stang, segitiga atas & bawah

MONOSHOCK
YSS, NSR / Satria FU

KABEL SPEEDOMETER
Gl pro,Megapro,Tiger

CDI
CheetahPower dll

BUSI
Busi racing NGK dll

AKI
Aki kering Mega PRO / aki minerva sktar 240rb yuasan 7/8 ampere

LAMPU DEPAN
Osram 18 wattx2 / 25 watt,Autovision Xenon HID

HEADLAMP DEPAN
Mirip happy nexium 150r

STOPLAMP BELAKANG
Minerva 150/cbr150 lampu sein menyatu

LAMPU SEIN
Ninja rr/vixion/tiger/variasi

SPION
Pasang di fairing pake ninja KRR (100rb),CBR(kw 90rb),happy swift,ninja 250 (ori 600rb)

CAKRAM DISK BELAKANG
Cakram depan Honda Blade / Absolute Revo sama persis diameter dan 4 lubang bautnya

SWING ARM
Minerva, happy swift, cbr / variasi swing arm banana HKS sekitar 700-800rb

FOOTSTEP DEPAN
Minerva, happy swift, cbr skitar 125-150pcs / Underbone Yoshimura skitar 350-500rb

FOOTSTEP BELAKANG
Minerva, happy swift, cbr skitar 125-150/pcs

STANDAR PADDOCK
CBR skitar 150-300rb[/left]
daftar sparepart yang lainnya :
    GEAR + RANTAI = gear Depan(GL Pro,mega pro)+gear Belakang(RX King,mx)+rantai(128/428 atau punya satria 2tak)
    KARET RANTAI = Satria 120, MX atau KZ R
    RANTAI KETENG = supra fit (98 mata 30rb ori)
    KANVAS REM = supra x 125 bentuk & sistem nya sama (35rb Ori) / punya minerva yg bagus rp40rb&biasa 25rb
    KAMPAS KOPLING = GL-Pro Neo Tech/tiger lebih tebel/SUPRA fit/125 (harga 80rb)
    PER KOPLING = gl-pro(sekitar 60rb dapet 5 buah)/Tiger/ninja rr
    PLAT KOPLING = GL-Pro
    KABEL KOPLING = Megapro/Tiger/GL-Pro Neo Tech
    KOPLING SET = Megapro/GL Pro
    RUMAH KOPLING = MegaPro, CB
    PISTON + PIN PISTON = gl-pro (diameter seher 61mm & garis tengah pin 15mm) harga 373rb+82rb
    FILTER = Koso,TDR
    KARBURATOR = sama dgn gl-pro / variasi PE28 dll
    BOX FILTER KARBU = minerva skitar 150rb
    INTAKE = satria FU
    KOIL = Blue Thunder v3.0,XP,Yoshimura,NOLOGY
    STANG BALANCER = Satria FU
    GAS SPONTAN = bungbon dll
    HANDLE KOPLING = Posh buat MX, thunder
    SWITCH KIRI = Mega Pro (sktar 80rb)
    SHOCK DEPAN = upside down variasi moge/limbah moge, teleskopik swift/cbr beserta ganti stang,segitiga atas&bawah
    MONOSHOCK = pas pake NSR / Satria FU
    SPEEDOMETER = minerva baru digital-+380rb/cbr/happy swift/variasi digital mio takegawa, KOSO
    KABEL SPEEDOMETER = Megapro,Tiger,GLPRO
    CDI = VARRO (supra lama 90rb),shogun kebo / CDI BRT hyperband punya shogun 110 rp400rb, CheetahPower CPEX NEWBIE,XP 301MC Stage02 Andrion Series ver12
    BUSI = busi racing NGK dll
    AKI = 12V / 7 Ah
    AKI = aki kering Mega PRO / aki minerva sktar 240rb yuasan 7/8 ampere
    JOK DEPAN = cbr,happy swift
    JOK BELAKANG = minerva,happy swift, cbr skitar 175-250rb / variasi Single Seater
    LAMPU DEPAN = Osram 18 wattx2 / 25 watt,Autovision Xenon HID
    HEADLAMP DEPAN = asli minerva sktar 380rb, cbr’kw’ 250rban bsa dpsang ad renggang sdkit krna ukran cbr sdkt lbih kcil.
    STOPLAMP BELAKANG = asli minerva, cbr’kw’lbih murah
    SPION = ninja KRR (100rb),CBR (kw 90rb),happy swift,ninja 250 (ori 600rb)
    wINDSHIELD KACA DEPAN = asli minerva 90rb, variasi jenong 100rban
    SPAKBOR DEPAN = asli minerva 90rb, cbr / variasi tapi bikin braket lagi
    SPAKBOR KOLONG = minerva, happy wift, cbr skitar 185-250rb
    KNALPOT = asli dibobok 150rban / racing aftermarket R9,NOB1 dll / customs
    VELG = velg RG-V
    CAKRAM DISK BELAKANG = Cakram depan Honda Blade / Absolute Revo sama persis diameter dan 4 lubang bautnya
    SWING ARM = minerva, happy swift, cbr / variasi swing arm banana HKS sktar 700-800rb
    FOOTSTEP DEPAN = minerva, happy swift, cbr skitar 125-150pcs / Underbone Yoshimura skitar 350-500rb
    FOOTSTEP BELAKANG = minerva, happy swift, cbr skitar 125-150/pcs
    Standard Paddock = CBR, Minerva skitar 150-300rb
    BAN = CORSA,DURO,SWALLOW,BATTLAX,MIZZLE,DUNLOP dll.
    depan 90/70/17 (supaya tdk ganti spakbor)
    blakang max 130/80/17
    STRIPING/STICKER = minerva, cbr skitar 150-200rb / customs cutting sticker
    HEMAT BBM & PERFORMA = XADO, 9Power, HCS, XCS, K-FUEL SAVER, FEMAX COMBO dll

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008117982

Adapun Impresi atau Mamfaat yang Saya Rasakan setelah Memasang Kapasitor tipe Elco 10.000mF 50 V ini Ke Pengawal Saya si NaRjo antara lain:
1 – Suara Klakson jelas lebih Nyaringgg
2 – Arus di dalam Aki lebih tahan lama
3 – Lampu utama “sedikit” lebih tarangs
4 – Lampu Sein juga lebih terang
5 – Peningkatan Performa “memang” tidak begitu terasa

tiap 1A aki = 2200 mf
jadi jika 5A = 11000 mf

Dengan mengganti sistem pengapian Minerva dengan punya
Honda GLMAX maka masalah mogokan dan cepat panas terselesaikan
tarikannya jadi lebih mantap dan larinya lebih kencang.
ditambah dengan setelan yang pas

Enduro 4T Racing 10W-40
Shell Advance AX7 10W-40
BUSI Denso Iridium
Aki  kering untuk Minerva kapasitas 12V 6 ah,
merk G. force  garansi 2 bulan harga Rp.300.000

# mengapa kick stater sangat berat dan susah nyala motornya dan
kadang terasa ada tekanan yg kembali waktu kick stater diinjak?
# kenapa aki motor saya sering tekor?

Kemungkinan lampu depan bukan 18 watt dan lampu kota belakang
bukan 3 w/10 w (susah mencari watt spt ini,
yg beredar di pasaran 6 w /21 W),
atau spul/stator comp bagian pengisian sdh lemah atau
kiprox/rectifier pengisian dibawah 12,8 volt, mungkin aki sdh lemah.

KIPROK
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008117982/serba-serbi-minerva-r-150---part-3/221
1. Merah menuju terminal positif accu, arus DC
2. Kuning dari spull penerangan, arus AC
3. Putih dari spull pengisian, arus AC
4. Hijau menuju massa atau negatif accu
    

Postingan populer dari blog ini

Mining Menggunakan Motherboard Biasa

THEMIS IS Public Chain for Digital Asset